Kamis, 07 September 2017

Cara Membersihkan Kamera Dengan Baik dan Benar


Salah satu komponen terpenting dalam kamera adalah lensa. Lensa kamera yang baik dan bersih akan membuat hasil jepretan foto tampak lebih bagus. Karena sifat lensa yang sangat sensitif terhadap debu maupun kotoran, kita harus rajin-rajin membersihkannya agar bisa terpakai dengan baik.

Berikut ini kita akan membahas, bagaimana cara membersihkan lensa kamera dengan baik dan benar.


1. Siapkan ruangan yang tidak berantakan dan tidak terbuka.


Ruangan dengan pencahayaan yang terang dan bersih akan mendukung pekerjaanmu, siapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan kamera. Pastikan ruangan kerja-mu tidak berdebu.


2. Sebelum membersihkan, lepaslah filter kamera yang terpasang di lensa.


Lepas lensa dari body kamera dan jangan lupa tutup body kamera dan juga bagian belakang lensa agar tidak terkena kotoran. Simpan body kamera ditempat yang aman. Mulailah bersihkan satu persatu bagian, terserah mau mulai dari lens hoodnya terlebih dulu atau langsung ke lensa. Jangan lupa pasang kembali lens hood kalau proses pembersihan lensa sudah selesai dilakukan.


3. Jangan biarkan lensa tergores.


Debu atau kotoran yang menempel di kaca lensa kamera memang cukup mengganggu. Namun, jangan sembarangan dalam membersihkan debu tersebut. Alih – alih bersih, bila tidak dilakukan dengan teknik yang benar, debu – debu tersebut bisa menggores kaca lensa.


4. Gunakan kain microfiber


Bila sudah di blower dan dibersihkan dengan kuas bersihkan kembali lensa dengan kain microfiber. Ingat bersihkan kaca terlebih dahulu, baru kemudian bodi lensa. 


5. Gunakan cairan khusus pembersih lensa.


Untuk semakin membuat kaca lensa bersih, kamu bisa menggunakan cairan pembersih lensa. Kamu bisa meneteskan atau menyemprotkan cairan pembersih pada kain microfiber. Jangan pernah langsung meneteskan atau menyemprotkan cairan pembersih ke kaca lensa. 


6. Gunakanlah peralatan kebersihan yang benar.


Jangan biarkan kamera-mu menjadi lecet karena tidak meggunakan peralatan kebersihan yang benar. Saat ini sudah banyak dijual peralatan untuk membersihkan kamera. kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu. 


Itulah beberapa tips sederhana untuk membersihkan kamera. Semoga bermanfaat.




source: plazakamera.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...