Jumat, 01 September 2017

Tips Mengambil Foto Macro Dengan Kamera Handphone


Foto Makro adalah salah satu teknik dalam pemotretan, dimana antara kamera dan juga objek yang akan diambil memiliki jarak yang sangat dekat, sehingga bisa mendapatkan detail yang jelas dari objek serta akan menghasilkan gambar yang ukurannya sama dengan ukuran asli dari objek tersebut.

Tak hanya dengan kamera dan juga kemampuan yang mumpuni, ternyata kita juga bisa lho mengambil foto macro hanya dengan kamera handphone. Berikut ini merupakan langkah-langkah sederhanayang dapat dilakukan jika ingin mengambil foto macro.


1. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Modus Makro & HDR

Fitur ini dapat ditemukan saat handphone telah diinstal dengan aplikasi camera 360, caranya pilih mode pengaturan, lihat pada bagian Focus Mode, pilih opsi Macro atau jika tidak ada opsi tersebut dapat pilih untuk mengaktifkan fitur HDR. Kedua fitur ini sangat berperan penting dalam mengambil gambar dari jarak dekat.


2. Menambahkan aksesoris pada kamera handphone.


Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengambil gambar dengan teknik foto makro pada kamera handphone adalah dengan menambahkan aksesoris yang berupa kamera makro, ini juga dapat membantu anda saat melakukan pengambilan foto objek dari jarak dekat yang akan menghasilkan gambar detail serta jelas dan ukuran sesuai dengan objek aslinya.


3. Memperhatikan sudut pandang foto.

Sudut pengambilan foto yang sesuai dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang luar biasa. Ini bisa anda pelajari dengan cara melakukan berbagai jenis pengulangan dalam memfoto, sehingga nantinya akan menemukan sudut dan cara seperti apa yang baik dilakukan dalam mengambil foto tersebut.


4. Memperhatikan objek disekeliling.

Sebelum mengambil foto, cobalah untuk memperhatikan keadaan sekitar, mulai dari pencahayaan, sampai objek-objek yang berada di sekitar.


5. Mengatur pernapasan.

Mengambil gambar dari jarak dekat pasti akan membuat diri jadi terasa gugup, karena berusaha untuk tidak goyang atau ada pergerakan sedikit saat memfoto. Dengan melakukan pengaturan pernapasan, maka stres yang ditimbulkan akibat gugup tersebut jadi berkurang, malah membuat diri jadi lebih fokus dan tenang, dengan demikian tidak akan ada pergerakan sedikitpun dan anda akan mendapatkan gambar yang jelas tanpa blur sama sekali.


6. Manfaatkan tombol shutter.

Agar foto tidak goyang,  anda dapat memanfaatkan tombol shutter atau tombol untuk foto, yang di beberapa android juga ada disediakan oleh para vendor.


7. Dekatkan kamera handphone.

Jika boleh saran, lebih baik anda mendekatkan kamera ke objek yang akan diambil gambarnya daripada melakukan zoom atau perbesaran dari kamera ponsel. Ini akan berbeda hasilnya, karena saat anda melakukan zoom maka objek tersebut sudah tidak pada ukuran yang sebenarnya, sehingga teknik makro yang ingin anda lakukan menggunakan kamera handphone ataupun smartphone jadi tidak dapat.


Itulah beberepa cara sederhana yang dapat dipraktekan tanpa harus memiliki kamera professional. Selamat mencoba!





Source: zopini.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...