Minggu, 10 Desember 2017

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone


Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara teknis bermakna “blur” alias tidak jelas yang dihasilkan dari keterbatasan lensa kamera dimana cahaya yang masuk menjadi “out of focus” alias tidak terfokus. Kini dengan smartphone berteknologi dual kamera, kamu dapat dengan mudah membuat foto bokeh. Tapi buat kamu yang hanya memiliki smartphone dengan sebuah kamera, inilah 5 cara membuat foto bokeh di kamera smartphone Android.


1. Mendekat dengan objek foto


Foto bokeh memiliki fokus terhadap suatu objek yang umumnya memenuhi frame. Jadi, ketika melakukan pegambila foto, kamu wajib mendekat dengan objek foto yang akan dipotret. Pastikan jarak kamera dengan objek paling jauh 2,5 meter. Kemudian setelah mendekat, pastikan kamu meletakkan objek utama foto berada di bagian paling depan frame atau pada posisi foreground.


2. Atur jarak objek foto dengan background


Kamu musti mengatur jarak antara objek foto dengan background. Konsepnya, semakin jauh jarak background maka semakin blur foto bokeh yang kamu hasilkan.


3. Hindari banyak objek foto dan background ramai


ntuk memaksimalkan foto bokeh, kamu harus menghindari terlalu banyak objek yang berada dalam frame foto. Mudahnya, mode potrait untuk membuat foto bokeh hanya akan bekerja jika semua objek berada dalam posisi yang sejajar.


4. Tap objek dan gunakan manual focus


ntuk mendapatkan hasil terbaik, sebelum pemotretan kamu wajib mengatur fokus pada objek foto. Kamu bisa melakukan tap pada wajah maupun objek yang berada di foreground. Jika objek berada pada kondisi yang cukup terang, jangan lupa mengatur jumlah exposure ya!


5. Gunakan fitur lens blur di Google Camera


Selain kelima cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Lens Blur yang ada pada aplikasi Google Camera. Untuk menggunakan mode ini, kamu harus berjarak 1,5 meter dari objek lalu mengambil foto dengan menggerakkan smartphone ke atas secara perlahan.


Itulah dia beberapa tips untuk membuat foto bokeh di kamera smartphone. Tapi ingat ya, untuk membuat foto background blur nggak hanya cukup sekali atau dua kali percobaan guys. Butuh latihan yang banyak untuk menghasilkan foto menakjubkan. Selamat mencoba!




source: jalantikus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...