Sabtu, 17 Juni 2017

Hal Yang Sebaiknya Dihindari untuk Ditulis di Media Sosial

Sebaiknya Jangan akukan Hal ini di akun media sosial

Menulis status di akun wall atau isilahnya “update status” pasti sering dilaukkan. Karena kegiatan ini udah hapir jadi kebaisaan yang juga fungsi utama dari jaringan pertemanan secara online. Apa saja bisa ditulis di wall social network tersebut, dari apa yang sedang anda lakukan, sekedar memberitahu link dari sebuah berita atau juga menampilkan foto-foto diri anda dan aktifitas anda.


Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya tidak anda kerjakan di wall tersebut walaupun akun tersebut milik anda sendiri. Sebenarnya apa yang disebutkan dibawah ini bukan merupakan sebuah larangan atau yang tidak boleh dilakukan di akun FB atau Twitter anda. Tapi sebaiknya dihindari saja.

Nah ini dia beberapa kegiatan yang tidak boleh ditulis atau sebarkan di media sosial tersebut:


1. Data Pribadi.



Sebaiknya jangan menuliskan data penting pribadi di wall FB, Twitter med-sos yang lainnya. Karena data anda dapat terbaca oleh orang yagn tidak berkepentingan dan dapt digunakan untuk yang tidak baik. Data tersebut seperti no KTP, no hp, pin BB, alamat rumah.


2. Menampilkan Foto Orang Lain Tanpa Ijin.


Memposting foto pribadi milik orang lain tanpa ijin dapat berakhibat fatal Karena bisa saja pemilik foto tersebut tidak bersedia fotonya ada di internet. Dan mereka dapat menuntut anda dengan undang-undang yang ada.


3. Pembicaraan Pribadi.


Pembicaraan yang bersifat pribadi seperti dari email, messenger sebaiknya diidari karena sifatnya yang privat.


4. Mengundang Teman Ke Acara Tertentu.


Sebaiknya undang teman untuk datang pada acara tertentu lewat “jalur pribadi” (japri) seperti message dan bukan “jalur umum” yang dapat dibaca oleh orang lain. Mungkin ada teman anda yang tidak diundang akan tersinggung.


5. Membicarakan Pekerjaan Kantor.


Pekerjaan kantor sebaiknya dibicarakan pada group atau komunitas yang dibuat khusus hanya untuk teman-teman kantor atau perusahaan saja.


6. Pertalian Saudara.


Pertalian kekerabatan seperti hubungan darah atau keluarga besar sebaiknya tidak terlalu diumbar dimedia sosial. Buatlah group tersendiri untuk maksud tersebut.


7. Keuangan.


Gaji atau juga pendapatan masih tabu untuk dibicarakan di wilayah umum. Hal tersebut juga untuk menghindari kecemburuan sosial dan kriminalitas.


8. Hindari Memaki.


Makian atau hinaan sebaiknya tidak dilakuka pada wall status Facebook. Hal ini dapat memberi penilai buruk pada pribadi anda.

 

9. Foto Jahil


Hindari posting foto ketika anda sedang berbuat nakal terhadap teman anda. Karena hal ini dapat membuat teman adamerasa dihinda melalui internet.

 

10. Foto Keji


Menampilan foto orang kecelakaan tanpa ada sensor pada gambar bersebut dapat membuat ornag yang melihatnya merasa jijik

 

11. Komplain Terhadap Atasan di Kantor


Kekesalan karena pekerjaan di kantor jangan dilampiaskan di Blackberry atau media lain.


12. Mengundang Teman Bermain Game Berulang-ulang
 

Bermain game di Facebook atau teman lain memang menye

 

13. Password


Jangan pernah menuliskan password apapun di wall sos-med walaupun teman anda memintanya. Sebaiknya kirim lewat sms yang kemudian dihapus bila telah terkirim.
nangkan. Tapi bila anda invite teman-teman bermain game secara berulang, dapat membuat teman anda kesal karena harus membuka notifikasi yang tidak penting.




 

14. Masalah Keluarga


Keluh kesah masalah keluarga anda urusan anda pribadi yagn harus di bereskan dengan anggota kelaurga yang lain dan bukan di umbar di internet. Atau anda akan mendapat tertawaan dari teman-teman anda.



Nah, itu dia hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan di media sosial, gunakanlah media sosial dengan baik sesuai dengan peraturan yang telah diterapkan.











Source: betabicara.com







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...