Kamis, 15 Juni 2017

Perkembangan Komputer Dari Zaman Dulu Sampai Sekarang




Bagaimanakah Komputer Berkembang dari masa ke masa? Tentu kita sangat tertarik mempelajari perubahan Komputer Dari Zaman Dulu Sampai Sekarang ini.

Perkembangan komputer dari masa ke masa memang salalu mengalami peningkatan jauh. Pada awalnya komputer memang bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang ini. Dulu kala komputer diciptakan hanyalah sebagai alat untuk mempermudah kerja manusia dalam penghitungan atau lebih mudahnya komputer sebagai mesin hitung matematika. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman yang modern ini komputer terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan juga penelitian.

Komputer datang dari kata Compute yang bermakna mengkalkulasi. Hingga dengan asal kata ini kita bisa mengasumsikan bahwa alat ini pertama kalinya di buat lantaran atas basic keperluan manusia untuk mengkalkulasi suatu hal. karena bersamaan dengan perubahan keperluan manusia di bagian perhitungan yang makin kompleks yang kurang hanya perhitungan menambahkan, pengurangan, perkalian serta pembagian jadi alat kalkulasi (Komputer) selalu di kembangkan. Alat-alat kalkulasi yang mendasari timbulnya computer diantaranya:

1. Abacus
Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil serta masih tetap dipakai di sebagian tempat sampai sekarang ini, bisa dikira juga sebagai semula mesin komputasi. Meskipun alat ini memanglah termasuk purba, namun inilah suatu manakarya manusia di bagian alat kalkulasi.

2. Numerical wheel calculator
Alat yang di ciptakan oleh Blaise Pascal ini mulai memakai prinsip-prinsip mekanik. Alat ini memakai roda bergerigi hingga bisa lakukan operasi penjumlahan. Alat ini memberikan inspirasi beberapa ilmuwan pada saat itu hingga selalu di kembangkan jadi alat kalkulasi yang berbasis mekanik.

3. Mesin uap Babbage
Mesin uap Babbage, meskipun tak pernah usai ditangani, terlihat sangatlah primitif jika dibanding dengan standard saat saat ini. Bagaimanapun juga, alat itu melukiskan elemen basic dari suatu computer moderen serta mengungkap suatu rencana utama. Terbagi dalam seputar 50. 000 komponen, design basic dari Analytical Engine memakai kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang diisi instruksi operasi untuk mesin itu.

Demikianlah sekilas tentang kisah penciptaan alat hitung yang mengilhami para manusia untuk selalu berusaha menciptakan kreasi baru dan juga penemuan baru dalam bidang alat yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia lainnya.

Sekarang kita beralih ke Perkembangan Komputer dari generasi kegenerasi:

1. Komputer Generasi Pertama

Mungkin dapat kita mengatakan pada zaman ini adalah masa komputer dinosaurus. Pada masa ini komputer yang berukuran sebesar ruangan dengan kemampuan komputasi yang sangat lambat. Sedangkan yang dapat mengoperasikan komputer jenis ini hanyalah orang-orang yang sudah terlatih dan terdidik. Contoh komputer generasi pertama atau generasi dinosaurus komputer ini adalah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika dan University of Pennsylvania. 

Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang cukup besar yang mengkonsumsi daya sebesar 165kW. Pada pertengahan 1940-an, John Neumann von (1903-1957) bergabung dalam tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun akan datang masih dipakai dalam teknik komputer.

Von Neumann mendesain Electronic Variable Discrete Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung dengan baik program maupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann ialah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. 

Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program biner-kode yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (language machine). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.



2. Komputer Generasi Kedua



Pada awal 1960-an, mulai bermunculan Komputer generasi ke-2 yang berhasil di bagian usaha, di kampus, serta di pemerintahan. Komputer-komputer generasi ke-2 ini adalah computer yang seutuhnya memakai transistor. Mereka juga mempunyai komponen-komponen yang bisa diasumsikan dengan Komputer pada sekarang ini : printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, serta program. 
Meskipun ukurannya menyusut mencolok, namun computer pada generasi ke dua ini masih tetap memiliki ukuran raksasa. Sekurang-kurangnya masih tetap seukuran dengan lemari baju kita saat ini. Salah satu contoh utama computer pada saat ini yaitu IBM 1401 yang di terima secaa luas di kelompok industri. Pada th. 1965, nyaris semua bisnis-bisnis besar memakai computer generasi ke-2 untuk mengolah info keuangan. 

Program yang tersimpan didalam Komputer serta bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberi fleksibilitas pada komputer. Fleksibilitas ini tingkatkan kemampuan dengan harga yang layak untuk pemakaian usaha. Dengan rencana ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian customer serta lalu menggerakkan design product atau mengkalkulasi daftar upah. Sebagian bahasa pemrograman mulai bermunculan ketika itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) serta Formula Translator (FORTRAN) mulai umum dipakai. 

Bahasa pemrograman ini menukar kode mesin yang rumit dengan kalimat, kalimat, serta formula matematika yang lebih gampang dipahami oleh manusia. Hal semacam ini mempermudah seorang untuk memprogram serta mengatur computer. Beragam jenis karier baru bermunculan (programmer, analyst, serta pakar system computer). Industri perangkat lunak juga mulai bermunculan serta berkembang pada saat computer generasi ke-2 ini.

3. Komputer Generasi Ketiga

  
Meskipun transistor dalam beberapa hal mengungguli tube vakum, tetapi transistor membuahkan panas yang cukup besar, yang bisa punya potensi mengakibatkan kerusakan bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menyingkirkan permasalahan ini. Jack Kilby, seseorang insinyur di Texas Instrument, meningkatkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC menggabungkan tiga komponen elektronik dalam suatu piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa Pada ilmuwan lalu sukses memasukkan semakin banyak komponen-komponen ke satu chip tunggal yang dimaksud semikonduktor. 

Akhirnya, computer jadi makin kecil lantaran komponen- komponen bisa dipadatkan dalam chip. Perkembangan computer generasi ketiga yang lain yaitu pemakaian system operasi (operating sistem) yang sangat mungkin mesin untuk menggerakkan beragam program yang tidak sama dengan cara serentak dengan suatu program paling utama yang memantau serta mengkoordinasi memori komputer. 
Pada saat computer generasi ketiga ini system operasi didominasi oleh UNIX serta Windows. UNIX masih tetap penuhi market untuk bagian komputer dengan spesifikasi besar, namun Windows lebih menekuni di bagian komputer kecil-kecil, atau computer kantor serta rumahan. Meskipun pada saat ini Windows masih tetap berbasis text dengan DOS (Disk Operating Sistem) serta berkembang jadi Windows 3. 1. yang masih tetap sangatlah minim grafisnya dibanding dengan Apple Macinthos.

4. Komputer Generasi Keempat



Kalau pada masa generasi ke empat ini komputer sudah tidak aneh lagi untuk kita bayangkan. Komputer pada masa ini ialah komputer yang kita lihat sekarang dengan berbagai keunikan dan juga kecanggihan.
Komputer generasi ke empat ini menggunakan microprocessor yang lebih kecil dan dapat bekerja lebih cepat. Untuk intel mulai dari intel i386 sampai dengan intel Pentium I, II, III, IV, Core Dual, Core 2 Duo, dan Core Quad. Kesemuanya ini berkembang sesuai dengan irama perkembangan dunia teknologi informasi yang terus bergejolak seolah tak ada hentinya untuk mengembangkan daya kreasi dan inofasi.

5. Komputer Generasi Kelima



Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi sangat sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. Hal menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan  percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, begitu banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. 

Kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang kita duga ketika para programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan  pembuatan komputer generasi kelima.

Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa adanya hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang merupakan negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Technology Komputer) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang mengatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun  beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...