Senin, 24 Juli 2017

Selain Indonesia, 4 Negara Ini Juga Membokir Layanaan Telegram


Telegram versi desktop sudah sekitar lima hari tak bisa diakses di Indonesia. Alasannya adalah Telegram digunakan banyak kelompok ISIS untuk menyebar pesan radikal.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menegaskan, pihaknya belum akan melakukan normalisasi situs web Telegram yang terblokir sampai penyedia layanan pesan instan ini memenuhi persyaratan yang diminta pemerintah.

Ternyata, bukan Indonesia saja yang memblokir layanan Telegram, namun ke 4 negara ini juga ikut meblokir. Ini dia daftar keempat negara tersebut.


1. Rusia

Pemerintah tempat kelahiran Pavel Durov mengancam akan memblokir Telegram pada Juni 2017. Alasannya serupa dengan yang terjadi di Indonesia, yaitu pemerintah Rusia menemukan adanya pesan teroris di Telegram.


2. Iran


Di Iran, aplikasi ini cukup populer. Tercatat, ada 40 juta pengguna aktif tiap bulannya. Uniknya, mereka tidak melakukan blokir sepenuhnya. Pemerintah Iran hanya mematikan fitur panggilan telepon pada April 2017. Hal ini merupakan jawaban atas protes penyedia layanan telepon di Iran. Mereka beranggapan, adanya Telegram akan membuat 40 juta penggunanya lebih memilih Telegram untuk menelepon.


3. Tiongkok


Tiongkok adalah negara pertama yang memblokir Telegram pada 2015. Saat itu, sedang terjadi perang siber antara operator Telegram di Asia Pasifik. Pemerintan Tiongkok langsung menutup layanan Telegram melalui halaman web, guna menghindari dampak serangan siber tersebut.


4. Arab Saudi


Demi alasan keamanan, pemerintah Arab Saudi memblokir Telegram pada Januari 2016. Meski diblokir, pengguna di Arab Saudi masih bisa menggunakan Telegram dengan Virtual Private Network (VPN).


Ingin mengetahui informasi megenai IT yang lainnya? Silahkan kunjungi website Komunitas Kami


Source: liputan6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...