Sabtu, 07 Oktober 2017

Tips Memotret dalam Keadaan Gelap


Memotret dalam keadaan gelap seringkali menjadi keluhan orang-orang karena hasilnya yang nampak tak jelas dan buram. Nah, kali ini kita akan membahas kiat-kiat melakukan pemotretan dalam keadaan gelap/minim cahaya, berikut tipsnya:


1. Pakai Tripod


Untuk menhasilkan gambar agar tidak nge-blur, ada baiknya kita menggunakan tripod.


2. Pakai Senter


Jika kondisi pemotretan benar-benar gelap, tak ada salahnya kita memberikan pencahayaan tambahan untuk menerangi objek yang ingin dipotret. Coba berikan bantuan cahayan seperti cahaya senter dan juga cahaya dari lilin.


3. Manfaatkan Pengaturan Manual


Sebagian kamera memberi kebebasan bagi penggunanya untuk melakukan pengaturan manual. Nah, pengaturan manual ini bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil foto saat kamu memotret di dalam kondisi kurang cahaya.


4. Jadikan Gambar Hitam Putih


Jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan dan foto yang dihasilkan masih tetap penuh noise, cara terakhir untuk menyiasatinya adalah dengan mengubahnya menjadi foto hitam putih. Dengan begitu, foto yang penuh bintik itu akan terasa lebih dramatis apabila diedit menjadi foto hitam putih. Setelah dijadikan hitam putih, ada baiknya kamu mengatur kontras foto tersebut dan menaikkannya sampai titik yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...