Sabtu, 28 Oktober 2017

Teknik Rahasia Fotografi Alam Bebas Agar Hasilnya Sempurna


Teknik foto alam bebas atau yang dikenal dengan landscape photography seperti menjadi kewajiban bagi pelancong ketika melakukan perjalanan. Foto tak hanya soal membingkai keindahan, tetapi ada trik yang perlu diperhatikan, baik untuk keperluan komersil, lomba, maupun feed media sosial. Berikut adalah teknik-teknik foto alam bebas dari Sendy Aditya salah satu fotografer profesional.


1. Tak hanya mementingkan keindahan, hasil foto yang kita ambil juga harus memiliki pesan yang tersirat dari objek dalam foto. Misalnya, interaksi antara manusia dengan alam yang sangat kuat.

2. Pencahayaan menjadi hal yang mutlak dikuasai oleh fotografer. Seperti yang dikatakan oleh Sendy Aditya, timing sangat berpengaruh terhadap pencahayaan. Menurutnya timing bukan hanya soal waktu pengambilan gambar, tetap setting-an kamera dan teknik yang digunakan.

3. Komposisi foto juga merupakan hal yang paling penting. Komposisi akan menggambarkan apa yang ingin disampaikan, apakah objeknya besar atau lebih cenderung menawarkan backgroud-nya.

4. Cobalah untuk mengambil foto dari berbagai arah, jangan menggunakan angle yang itu-itu saja. Hal ini yang membuktikan bahwa fotografer memiliki usaha lebih atau tidak kepada juri. Karena menurut Sendy, angle yang mainstream akan cenderung tidak dilirik oleh juri.

5. Pesan yang tersirat dalam foto harus kuat dan berdampak pada penikmatnya atau tidak. Sang fotografer juga harus menyesuaikan siapa penikmati foto ini, dan harus bagaimana penyajian pesannya agar disampaikan secara kuat.


Itulah beberapa teknik foto alam bebas dari Sendy Aditya. Teknik ini bisa kamu gunakan jika kamu sedang mengikuti perlombaan fotografi alam bebas. Semoga membantu!


Ingin mengetahui tips serta informasi seputar IT yang lainnya? Kunjungilah website Komunitas Kami yang menyediakan berbagai informasi terbaru mengenai IT




source: travel.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...