Minggu, 26 November 2017

Cara Memperbaiko SD Card Rusak atau Tidak Terbaca


Memory Card (SD Card) merupakan salah satu perangkat yang paling dibutuhkan oleh pengguna smartphone saat ini. Memori eksternal membantu kita untuk menyimpan data-data yang tidak bisa tersimpan pada memori internal. Masalah yang sering menimpa SD Card adalah tidak terbaca sehingga menyulitkan kita untuk membuka dan memindahkan data-data yang ada di dalam SD Card tersebut. Maka dari itu, berikut saya akan memberikan beberapa tips yang bisa dipraktekan ketika SD Card-mu tidak terbaca atau rusak (artikel: jalantikus.com)


Cara Pertama


Pertolongan pertama adalah dengan mengeluarkan SD Card dari tempatnya lalu bersihkan lempengan tembaga (yang berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil yang berwarna putih. Pastikan kamu menggosoknya dengan perlahan hingga bersih. Setelah itu, masukan kembali pada slot-nya lalu periksa apakah sudah terbaca atau belum.


Cara Kedua


Yang kedua, cobalah melakukan format dari android. Caranya, masuk ke menu setting > storage. Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.


Cara Ketiga


Kali ini kamu memerlukan bantuan PC! Hubungkan smartphone-mu dengan PC menggunakan kabel data. Pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP). Lalu buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai. Setelah itu Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.


Cara Keempat

Jika ketiga cara diatas belum berhasil, terakhir yang perlu kamu lakukan adalah format SD Card melalui PC. Caranya, buat folder baru di HardDisk, beri nama sembarang asal kamu ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi. Lalu Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang sudah dibuat tadi. Jika sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut. Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat tadi.


Itulah beberapa cara untuk memperbaiki SD Card yang rusak atau tak terbaca. Selamat mencoba!


Ingin mengetahui tips serta informasi seputar IT yang lainnya? Kunjungilah website Komunitas Kami yang menyediakan berbagai informasi terbaru mengenai IT





source: jalantikus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...