Senin, 20 November 2017

Ini Alasan Kenapa Adroid Harus di Root


Android merupakan sistem operasi Open Source yang dikembangkan oleh Google. Dengan begitu, kita bisa leluaa meginstal bermacam aplikasi dari berbagai sumber bahka mempuat aplikasi sendiri untuk android. Tak hanya itu, kita bahkan bisa mendapatkan hak istimewa masuk ke sistem smartphone Android dengan melakukan root. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kita harus melakukan root pada Android.


1. Menghapus Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan (bloatware) merupakan bawaan sistem yag disematkan vendor pada smartphone Android kita, dampaknya ruag penyimpanan di smartphone menjadi lebih sempit. Nah, setelah melakukan root, kita bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut, sehingga memori menjadi lebih lega.


2. Custom ROM


Jika bosan dengan tampilan Android yang mooton, kamu bisa menggunakan Custom ROM untuk pengalaman menggunakan ROM smartphone lain di Android kamu. Dengan Custom ROM, kamu bukan hanya akan mendapatkan tampilan baru, tapi juga bisa menggunakan sistem operasi terbaru (sesuai ROM), hingga fitur sistem yang dibawa oleh Custom ROM yang kamu gunakan. Untuk bisa menggunakan Custom ROM, Android kamu harus sudah root dan terpasang Custom Recovery.


3. Kontrol Kernel dan CPU


Setelah melakukan root pada Android, nantinya kita akan bisa melakukan overlock CPU smartphone. Overclock artinya memaksa prosesor untuk beraktivitas di atas kemampuannya, berjalan lebih cepat daripada spesifikasi default yang dibekalkan oleh vendor. 


4. Menghindari Wakelock


Wakelock adalah keadaan dima sistem terbangun oleh aplikasi yang terus berjalan di latar/background, dampaknya Android menjadi lebih boros baterai dan RAM. Alasan kenapa Android harus di-root adalah untuk menghindari hal seperti ini, yakni dengan menggunakan aplikasi seperti Greenify yang akan membuat aplikasi masuk ke mode hibernasi saat tidak digunakan.


5. Menghemat Tombol Power


Dengan melakukan root, kita bisa menghemat tmbol power Android dengan menggunakan aplikasi Quick Reboot. Tombol power Android harus dihemat karena selain untuk menyalakan dan mematikan smartphone, tombol ini juga memiliki fungsi lain.


Itulah beberapa alasan kenapa kita perlu melakukan root pada Android. Apakah Android kalian sudah di root?





source: jalantikus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...