Sabtu, 26 Agustus 2017

14 Teknik Fotografi Yang Keren dan Menarik


Bagi seorang fotografer yang handal, akan lebih menyenangkan jika bisa menggunakan berbagai macam teknik untuk mengambil gambar. Karena dengan memiliki teknik fotografi yang banyak, maka anda bisa berkreasi dan menyesuaikan diri dengan jenis pemotratan yang hendak dilakukan. Nah, mau tahu apa saja jenis teknik fotografi yang marak digunakan dan pastinya juga keren-keren? Yuk, cek artikel dibawah ini!


1. Fotografi pada malam hari.


Fotografi malam hari merupakan jenis fotografi yang menantang. Kenapa? Karena disamping kurangnya cahaya yang tersedia, fotografer juga dituntut untuk menjaga ketajaman sebuah gambar. Karena itu, kreativitas dan pengaturan yang sesuai akan sangat menolong dalam menghasilkan foto malam yang keren dan unik. 


2. Fotografi motion blur.


Fotografi motion blur adalah seni dalam memotret subjek yang bergerak. Teknik ini sering digunakan dalam dunia olahraga, tapi juga bisa digunakan dalam menciptakan gambar yang menarik sehubungan dengan penggunaan cahaya.


3. Fotografi hitam-putih (B&W)


Teknik foto hitam/putih lebih dari sekedar menggunakan filter hitam/putih dalam Photoshop. Teknik ini dimulai dengan adanya komposisi yang matang, penggunaan bayangan, pencahayaan, dan subjek yang berkualitas untuk menciptakan atau membentuk citra yang kuat dalam foto tersebut. 


4. Fotografi makro.


Fotografi makro (teknik membuat objek foto terlihat lebih besar dari pada aslinya) unik dan bermanfaat. Sangat menarik untuk membuat gambar besar dari subjek yang kecil, serta menangkap rincian kecil yang tak terlihat oleh mata manusia. 


5. Fotografi long-exposure.


Fotografi long exposure (teknik pencahayaan untuk mengaburkan elemen/subjek yang bergerak) dapat digunakan untuk memperoleh hasil-hasil yang menarik, tetapi teknik ini sangat popular jika digunakan dalam model pemandangan. 


6. Soft-focus fotografi.


Fotografi Soft focus diproduksi lewat menggunakan lensa foto yang khusus untuk menciptakan tampilan yang lembut dengan latar gambar yang sedikit blur untuk mempertahankan sudut gambar yang tajam. 


7. Rain fotografi.


Memotret disaat hujan bukanlah hal yang mudah, tetapi sekali anda menguasai teknik tersebut, maka anda akan terheran-heran melihat berbagai macam refleksi, blurs (latar yang buram), pelangi yang penuh warna sehabis hujan, pembentukan awan yang unik, dan lain sebagainya. Hujan tidak bisa diperkirakan, sama halnya dengan rain photography. Ada kalanya anda berakhir dengan mendapatkan gambar yang menakjubkan dan ada kalanya juga tidak.


8. Fotografi HDR.


Fotografi HDR (high dynamic range) adalah teknik memotret dengan mengambil tiga (3) subjek gambar yang berbeda dan menggabungkan mereka secara bersama-sama untuk menampilkan suatu gambar yang menakjubkan di dalam foto. 


9. Beauty fotografi.


Beauty photography sama halnya dengan portrait photography karena menampilkan kecantikan alamiah dari seorang model melalui bakat yang ia miliki.


10. Camera toss fotografi.


Yaitu seni memotret gambar lewat melemparkan kamera anda keatas dan menangkapnya kembali. Teknik ini sedikit beresiko dibandingkan dengan teknik fotografi lainnya, tapi teknik ini dapat menghasilkan beberapa foto yang menakjubkan.


11. Lens flare effect.


Fotografi efek lens flare (teknik yang mengacu pada pemanfaatan jumlah cahaya yang tersebar pada lokasi pemotretan) dapat memberikan dampak yang tidak menggembirakan jika dilakukan tanpa perencanaan yang matang. 


12. Zoom blur effect.


Fotografi efek zoom blur (teknik menambahkan tampilan gerak ke dalam foto) adalah salah satu cara yang sederhana untuk menambahkan beberapa tampilan yang kreatif seperti ‘fractured-blur’ pada setiap foto


13. Fotografi siluet.


Fotografi siluet (teknik foto dengan menggunakan gambar orang, hewan, benda atau tempat kejadian yang diwakili dengan satu bentuk warna yang biasanya adalah hitam) adalah teknik yang unik dan menyenangkan untuk menciptakan foto yang dramatis.


14. Fotografi lukisan cahaya.


Fotografi lukisan cahaya (teknik memindahkan sumber cahaya yang dibuat untuk menerangi subjek) mungkin merupakan teknik yang paling cepat berkembang belakangan ini, dan untuk beberapa alasan memberikan kemungkinan untuk membuat beberapa seni yang indah bila dilakukan dengan benar.


Itulah beberapa teknik-teknik fotografi yang keren dan juga pastinya menarik. Ada yag ingin mencoba?



.
.
Source: foto.co.id
.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...