Selasa, 15 Agustus 2017

5 Tips Penting Agar Akun Internet Tidak Mudah Dibajak


Para peneliti di Google mewawancarai 200 ahli keamanan cyber mengenai kebiasaan masing-masing individu dalam menjaga aktifitas online tetap aman, kemudian membandingkannya dengan 300 pengguna non-ahli untuk mengetahui seberapa besar perbedaannya. Melalui penelitian itu, kita bisa mendapatkan hasil bahwa para ahli mengamankan aktifitas online mereka melalui 7 poin berikut ini.


1. Selalu mengaktifkan automatic update.

Update software dan sistem operasi secara otomatis dan berkala memang sangat penting. Melalui pembaruan tersebut, dapat menjamin bahwa kita selalu akan mendapatkan versi terbaru dari sebuah software, beserta keamanan yang lebih baik di dalamnya. Jika yang sedang internetan dengan menggunakan kuota, diharapkan untuk jaga-jaga, karena automatic update ini menghabiskan banyak kuota. Jadi disarankan, update dengan jaringan WiFi saja kalau tidak mau kuota cepat habis.


2. Buat password yang rumit, namun mudah diingat.

Banyak sekali kasus peretasan dan pencurian data berawal dari kecerobohan pengguna yang hanya membuat password begitu sederhana. Jika kamu menganggap bahwa akun di internet merupakan asset yang berharga, berarti jangan berikan akses yang mudah dijebol. Gunakan kombinasi huruf dan angka dengan menarik, kalau bisa gunakan simbol-simbol seperti !, @, #, dan sebagainya agar tidak mudah di-bruteforce oleh orang lain.




3. Gunakan Password Manager.

Sekarang sudah banyak fasilitas online yang bisa membantu kamu dalam menyimpan password-password agar tidak mudah dilupakan. Jumlah ahli keamanan cyber yang menggunakan Password Manager bahkan hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan non-ahli. Hanya 18% ahli yang tidak percaya dengan aplikasi tersebut.





4. Jangan lupa gunakan antivirus.

Antivirus sangat penting, namun bukan segalanya. Antivirus akan tetap menjaga komputer kamu tetap bersih, namun bukan berarti mereka bisa melakukan semuanya. Apabila kamu merupakan orang yang jorok dan tidak peka dalam berselancar di dunia maya, siap-siap saja Antivirus akan loyo dan tidak bisa mengimbangi banyaknya gempuran bertubi-tubi dari ancaman keamanan. Orang yang punya komputer juga harus peka dengan apa yang akan mereka klik dan buka, tidak bisa asal.


5. Autentikasi dua tahap.


Autentikasi dua tahap akan menambahkan tahapan selanjutnya setelah kamu memasukkan user ID dan password, sehingga sulit bagi peretas untuk menjebol akun tersebut karena membutuhkan login yang berlapis. Ini sangat penting bagi kamu yang memiliki akun di website penting dan sensitif karena pasti banyak orang jahat di luar sana yang akan mengincarnya.


Itulah sedikit tips yang bisa digunakan agar akun internet tidak mudah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika ingin mengetahu tips dan informasi lainnya mengenai teknologi, silahkan kunjungi website Komunitas Kami




Source : jalantikus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...