Kamis, 17 Agustus 2017

Tips Fotografi Dengan Kamera Ponsel (I)


Untuk mendapatkan hasil foto yag bagus, tidaklah harus menggunakan kamera professional. Tahukah kamu, tanpa menggunakan kamera tertentu atau dengan bantuan photographer, hasil foto kita juga bisa menjadi sebagus professional. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk simak artikel di bawah ini!


1. Pahami dasar photografi.


Sebelum mengambil gambar, ada baiknya kita memahami unsur-unsur tentang fotografi. Unsur-unsur yang dimaksud diantaranya termasuk soal segitiga exposure yakni ISO, Shutter Speed, dan Aperture. Tentu bukan cuma ketiga hal itu saja, karena ada beberapa hal lain yang juga mesti dipahami.


2. Foto di area pencahayaan yang cukup.


Salah satu kelemahan dari kamera ponsel adalah ukuran sensornya yang kecil, sehingga akan sangat rawan untuk muncul noise alias bintik-bintik ketika mengambil foto dalam keadaan pencahayaan minim. Jadi, pastikan untuk mengambil gambar pada pencahayaan yang cukup, agar foto nampak cerah dan memiliki warna yang cantik. Tentu saja, sumber pencahayaan yang paling baik adalah dari sinar mentari, tetapi kamu juga bisa menggunakan bantuan pencahayaan jika diperlukan, khususnya di area gelap.


3. Hindari mengambil foto dari arah cahaya.


Biasanya, ini terjadi pada mereka yang ingin berfoto dengan menggunakan objek sunset atau sunrise sebagai background nya. Namun biasanya, hal ini bisa diatasi dengan memberikan tambahan pencahayaan entah itu berupa lampu flash bawaan atau lampu lainnya, atau bisa juga memanfaatkan fitur HDR yang biasanya tersedia pada kamera hp.


4. Hindari digital zoom.


Smartphone yang beredar saat ini hanya mampu melakukan zooming foto dengan metode digital zoom, karena memang pada umumnya mereka tak dibekali dengan fitur optical zoom. Dan biasanya, digital zoom justru akan membuat foto yang kita ambil menjadi nampak buruk, tidak tajam, dan muncul noise. Sehingga amat sangat disarankan untuk menghindarinya.


5. Gunakan metode manual.


Mungkin tak semua smartphone punya mode manual pada kameranya. Namun jika perangkat yang kamu gunakan ternyata mempunyainya, maka kamu bisa memanfaatkannya khususnya ketika mengambil foto di malam hari atau di tempat yang minim cahaya.





Source : techijau.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Smartphone

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara te...